Comments
Timelines
Contact
Social Media
Timeline Cover

Wednesday, October 12, 2016

Ensiklopedi Hadits Wednesday, October 12, 2016

Hadits, atau Hadis (bahasa Arab: الحديث, har. 'berbicara, perkataan, percakapan'‎, ejaan KBBI: hadis, dengarkan ), disebut juga sunnah, adalah perkataan (sabda), perbuatan, ketetapan dan persetujuan dari Nabi Muhammad yang dijadikan landasan syariat Islam. Hadis dijadikan sumber hukum Islam selain al-Qur'an, dalam hal ini kedudukan hadis merupakan sumber hukum kedua setelah al-Qur'an.

Etimologi

Hadis secara harfiah berarti "berbicara", "perkataan" atau "percakapan". Dalam terminologi Islam istilah hadis berarti melaporkan, mencatat sebuah pernyataan dan tingkah laku dari Nabi Muhammad.
Menurut istilah ulama ahli hadis, hadis yaitu apa yang diriwayatkan dari Nabi, baik berupa perkataan, perbuatan, ketetapannya (bahasa Arab: تقرير, translit. taqrīr‎), sifat jasmani atau sifat akhlak, perjalanan setelah diangkat sebagai Nabi (bahasa Arabبعثة‎) dan terkadang juga sebelumnya, sehingga arti hadis di sini semakna dengan sunnah.
Kata hadis yang mengalami perluasan makna sehingga disinonimkan dengan Sunnah, maka pada saat ini bisa berarti segala perkataan (sabda), perbuatan, ketetapan maupun persetujuan dari Nabi Muhammad S.A.W. yang dijadikan ketetapan ataupun hukum. Kata hadis itu sendiri adalah bukan kata infinitif, maka kata tersebut adalah kata benda. [Baca selengkapya -- Wikipedia]
Pengantar Ilmu Hadits

Hadits Qudsi


Hadits Palsu


Hadits Fiqh


Para Imam Ulama Hadits


More Related Posts


No comments :

Blogger Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *